Pengantar Ilmu Sosial Budaya
Hakekat dan Ruang Lingkup Ilmu Sosial dan Budaya Dasar
ISD adalah penegetahuan yang menelaah masalah masalah sosial, khususnya maslaah masalah yang diwujudkan oleh masyarakat indonesia, dengan menggunakan teori teori (fakta,konsep,teori) yang berasal dai berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu ilmu sosial (seperti geografi sosial, sosiologi, antropologi sosial, ilmu politik, ekonomi, psikologi sosial dan sejarah). ISD merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapii lingkungan sosial dapat ditingkatkan, sehingga kepekaan mahasiswapada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
ISd meliputi dua kelompok utama : studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga sosial.yang terutama terdiri atas psikologi,sosiologi, dan antropologi,sedang yang kemudian terdiri atas ekonomi dan politik. Sasaran STUDI ISD adalah aspek aspek yag paling dasar yang ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan masalah masalah yang terwujud dari padanya.
Perbedaan ISD dan IBD
ISD = Kenyataan kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat,yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu. Kenyataan kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu sosial. Karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya. Konsep konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenataan kenyataan ssosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah masalah sosial.Persamaan dan perbedaan itulah yang serinngkali menyebabkan timbulnya konflik, kerjasama, kesetiakawanan antar individu dan golongan. Masalah masalah sosial yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan sosial yang antara satu dengan yang lainnya saling berkaitan.
IBD = berbagai aspek kehidupan yang mengungkapkan masalah massalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya ( the humanities), baik dari segi keahlian. disiplin didalam pengertian budaya, maupun gabungan berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya. Hakikat manusia yang satu atau universal, tetapi beragam perwujudannya dalam kebudayaan setiap zaman dan tempat. Dalam menghadapi lingkungan alam, sosial, dan budaya, manusia tidak hanya mewujudkan kesamaan-kesamaan, tetapi juga ketidak seragaman, sebagaimana ekspresinya dalam berbagai bentuk dan corak ungkapan,pikiran,perasaan, dan tingkah laku.
Masalah Sosial
Menurut Soerjono Soekanto masalah sosial adalah suatu ketidak sesuaian antara unsur unsur kebudayaan atau masyarakat,yang membahayakan kehidupan kelompok sosial,Jika terjadi bentrokan antara unsur unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.
Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada.yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya.
Masalah sosial dapat dikategorikan menjadi 4 (empat) jenis faktor, yakni antara lain :
1. Faktor Ekonomi : kemiskinan,pengangguran, dll
2. Faktor Budaya : Perceraian, Kenakalan remaja,dll
3. Faktor Biologis : penyakit menular, keracunan makanan,dsb.
4. Faktor Psikologis : penyyakit syaraf, aliran sesat,dsb.
ISD sebagai Mata Kuliah Berkehidupan Masyarakat
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 232/U/2000 tanggal 20 Desember 2000 tentang pedoman penyusunan kurikulum pendidikan tinggi penilaian hasil belajar mahasiswa menetapkan bahwa kurikulum yang menjadi dasar penyelenggaraan program studi di perguruan tinggi terdiri atas kurikulum inti dan kurikulum institusional (pasal 7 ayat 1). Dengan demikian,kompetensi yang diharapkan dapat dikuasai oleh para mahasiswa setelah belajar ISD ini adalah menguasai pengetahuan tentang keanekaragaman dan kesederajatan manusia sebagai individu dan makhluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
Komentar
Posting Komentar